RT36 RW09 KELURAHAN PATEHAN KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA
 
 
Kesenian Anak-Anak

Bermain musik dan bernyanyi tentu sangat menyenangkan, apalagi dilakukan oleh anak-anak kecil. Anak-anak juga butuh menyalurkan ekspresi mereka lewat seni musik dan seni suara. Berbekal alat musik seadanya mereka sudah bisa berirama dan berdendang.  Tidak sembarang bermain tentunya, ternyata ada seorang pembimbing musiknya, yaitu mas Sasongko. Mas Sasongko salah satu pelukis yang sudah lama menekuni seni lukis dan sekarang sedang kuliah di ISI Yogyakarta. Meski seorang pelukis tetapi jiwa seni lainnya pun sanggup untuk membimbing kesenian anak.

Anak-anak jelas butuh kegiatan, apalagi di perkampungan yang aktifitasnya biasanya dilakukan secara berkelompok. Butuh sarana dan bimbingan dari teman-teman yang peduli akan perkembangan mental dan jiwa seni mereka. Setiap sore bermain musik sambil nyanyi, terasa harmonis alunan musik mereka, meski dengan alat musik tradisioanl sepunyanya. Terima kasih kepada mas Sasongko atas bimbingannya.

Dari kegiatan bermusik mereka ternyata tidak mampu mengakomodasi keinginan mereka untuk berekspresi, tidak seimbang jumlah alat musik dengan jumlah anaknya. Sebagian memilih kegiatan barongsai. Kenapa barongsai bukan kesenian lokal atau jawa. Mereka punya hak memilih kesenian yang mereka suka. Kita juga tidak bisa menuntut mereka jika kita tidak bisa memfasilitasinya. Kebetulan ada warga yang mau melatih tari barongsai, namanya mas frangky. Meski hanya sedikit dilatihnya dan lebih banyak otodidaknya anak-anak mampu unjuk gigi tari Barongsai plus dengan iringan musiknya. Tampil dengan kostum yang sangat minimalis,  topengnya dibuat sendiri dan kostumnya juga sangat sederhana. Mereka bisa tampil di sebuah even kebudayaan yang diselenggarakan oleh para seniman Jogja. Pertunjukkannya pun sangat memukau para pengunjung. Untuk event2 berikutnya tentu mereka selalu ingin unjuk gigi. Sebuah semangat yang positif dan harus diakomodasi oleh siapapun.

Apapun yang dilakukan mereka, selama itu positif dan mampu membuat mereka berkembang, wajib didukung oleh siapa saja. Selamat berkesenian buat : Ardyan, Berry, Daffa, Alan, Doni, Mikel dan kawan-kawan.

(HS)

 

 

 
 
 
Berita 36
Chating
Web Counter