RT36 RW09 KELURAHAN PATEHAN KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA
 
 
Jenis dan Siklus Nyamuk Deman Berdarah

JENIS NYAMUK

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti (nyamuk rumah) dan dapat juga oleh Aedes Albopicotus (nyamuk kebun/ luar rumah).

Ciri khas nyamuk Aedes antara lain :

Warna              :  Hitam dengan bintik-bintik putih spt zebra
Jarak terbang :  100 meter
Tempat Istirahat :  Tempat gelap dan lembab
Waktu Menggigit

:  Pagi dan sore

 

Nyamuk betina mempunyai kebiasaan menggigit beberapa orang. nyamuk Aedes Aegypti dapat bertelur sebanyak 100 buah, diletakkan pada dinding tandon air (bukan di permukaan air). Nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak di genangan air.

 

SIKLUS HIDUP NYAMUK

Dalam keadaan kering telur aedes Aegypti dapat bertahan hingga beberapa bulan, tetapi bila tergenang air akan menetas dalam waktu 1-2 hari, menjadi larva (jentik atau uget-uget) sampai degnan hari ke 4, hari ke 5 menjadi kepompong atau pupa, hari ke 6 menetas, hari ke 7 dewasa. Siklus nyamuk Aedes Aegypti mulai dari telur sampai dewasa dibutuhkan waktu 7-9 hari. Umur nyamuk betina rata-rata 8-15 hari dan yang jantan 6 hari lalu mati sendiri. Nyamuk Aedes Aegypti (betina) dapat menularkan Virus Dengue (Virus DBD) setelah menghisap darah seseorang yang terkena DBD. Ludah nyamuk tersebut terinfeksi virus dan akan ditularkan ketika nyamuk tersebut menggigit orang lain.

 

Sumber  :  Puskesmas Kraton Kota Jogja,  gambar : google

 

 
 
 
Berita 36
Chating
Web Counter