RT36 RW09 KELURAHAN PATEHAN KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA
 
 
Signifikansi Internet Dalam Meningkatkan Intensitas Komunikasi Interpersonal Terhadap Solidaritas Sosial

Kemajuan teknologi membawa kemudahan bagi manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Banyak orang berusaha untuk menghasilkan penemuan-penemuan baru atau pun memodifikasi hasil yang telah ada sebelumnya demi menghasilkan suatu produk yang dapat memudahkan kehidupan manusia. Proses ini terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Proses perkembangan teknologi terlihat dari berbagai aspek kehidupan manusia, seperti yang terlihat dalam aspek komunikasi.

 

Aspek komunikasi merupakan aspek penting yang tidak dapat lepas dari efek perkembangan teknologi. Hal ini terbukti dari penggunaan perangkat teknologi modern seperti ponsel atau telepon seluler sebagai bagian dari media komunikasi. Bukti nyata lainnyadari perkembangan media komunikasi yang ditopang oleh kemajuan teknologi adalah munculnya “New Media” atau media baru. Beberapa contoh new media atau media baru antara lain seperti smartphone, table PC dan internet yang didalamnya terdapat world wide web dan jejaring sosial seperti facebook, twitter dan milis. Produk-produk tersebut dikatakan new media atau media baru karena berbeda dengan media-media komunikasi yang terdahulu seperti radio, televise, surat kabar dan film yang dapat memberikan kemudahan bagi orang banyak dalam melakukan proses komunikasi.

 

Keberadaan internet sebagai bagian dari new media menciptakan fenomena sosial dalam masyarakat. Salah satu contoh fenomena sosial akibat adanya internet sebagai media baru adalah kemunculan Kampoeng Cyber yang terletak di RT 36 RW 09 Taman, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi studi penelitian kelompok kami dari Universitas Gunadarma Depok yang beranggotakan Leo Susanto (20), Rayhana Anwarie (20), Ricky Abdurrahman Hafidz (20) dan Anastassia Deonita (20) sebagai juru potret kami untuk mengikuti Lomba Penelitian yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMIK), Jurusan Komunikasi Media, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada tanggal 5 sampai dengan 9 Maret 2012 dengan memilih tema tentang New Media dan mengangkat judul “Signifikansi Internet Dalam Meningkatkan Intensitas Komunikasi Interpersonal Terhadap Solidaritas Sosial”, Studi di Kawasan Kampung Cyber Yogyakarta.

 

Selama 6 hari 5 malam tim kami dari Universitas Gunadarma tinggal di rumah warga, tepatnya dirumah Bapak Heri Sutanto dan dirumah Ibu Sri Marpinjun. Kami melakukan banyak aktivitas di Kampoeng Cyber, diantaranya meneliti dari segi komunikasi warga, keakraban warga, kepedulian warga, juga tim kami pun melakukan observasi mengenai kegiatan yang sifatnya bersama seperti menghadiri acara Kerja Bakti pada hari minggu, menghadiri acara Arisan Ibu-ibu dikemas dengan acara yang luar biasa kemudian tim kami pun melakukan interview dengan tiga sumber diantaranya Bapak Heri Sutanto (Ketua RT 36), Bapak Bunar Usanto (Sekretaris) dan Bapak Sasongko Wahyu Kusumo (Bagian Hubungan Masyarakat). Dari segi Solidaritas Sosial dari warga Kampoeng Cyber membuktikan keeratannya, “Walau ada Internet, tidak membuat kami menjadi individual, justru sangat bermanfaat dalam memberikan informasi kepada warga RT 36 sehingga menjadi lebih Guyub, juga sebagai ajang promosi usaha-usaha warga kepada khalayak luas mengingat hampir semua mata pencaharian warga Kampoeng Cyber adalah wiraswasta dengan membuka Home Industry”, kata Pak Herry Sutanto ketika tim peneliti Universitas Gunadarma melakukan interview. Hasilnya, “Alhamdulillah tim Universitas Gunadarma meraih Juara Favorit” walau belum belum berhasil untuk mendapatkan Juara 1, atau 2 dan 3 yang pada saat pengumuman Juara 1 diraih oleh Tim 1 Universitas atma Jaya Yogyakarta, Juara 2 diraih oleh Tim Universitas airlangga dan Juara 3 diarih oleh Tim 2 Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yang sama-sama mengambil studi kasus di Kampoeng Cyber tentang Demokrasi, dalam ajang lomba Komunikasi tingkat Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia 2012.

 

(Ricky Abdurrahman Hafidz)

 
 
 
Berita 36
Chating
Web Counter